30 November 2012

Manfaat Bayam Merah

Beberapa manfaat bayam merah


manfaat bayam merah
Tanaman atau sayuran bayam yang biasa kita konsumsi sebagai salah satu menu makan kita ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kita. jenis sayuran yang mempunyai tiga varietas ini yaitu diantaranya bayam hijau biasa, bayam merah dengan nama ilmiah Blitum rubrum, yang batang dan daunnya berwarna merah dan bayam putih dengan nama ilmiah Blitum album, yang daun dan batangnya berwarna hijau keputih-putihan. Ada pula jenis bayam lainnya misalnya bayam duri, bayam kakap, bayam kotok atau yang biasa disebut dengan bayam tanah. Selain sebagai pelengkap hidangan pada menu makanan anda, bayam juga mempunyai khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenisnya adalah bayam merah. Bayam yang mempunyai ciri-ciri :
  1. Batang dari tanaman bayam merah ini mempunyai tinggi 0,4-1 m dan bercabang. Batangnya sangat lemah dan berair.
  2. Daun dari tanaman bayam merah ini berbentuk bulat seperti telur, lemas dan memiliki panjang 5-8 cm. Ujung dari daun bayam ini tumpul dan mempunyai pangkal yang berwarna merah.
Beberapa kandungan zat kimia yang terdapat di dalam Bayam Merah : Perlu diketahui bahwa di dalam bayam merah terkandung berbagai zat penting yang baik untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya: protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin dan beberapa vitamin seperti A, B dan C. Berikut adalah khasiat dari Bayam Merah atau Blitum rubrum.

Khasiat dari tanaman bayam merah

Secara umum khasiat yang dapat kita peroleh dengan mengonsumsi bayam merah adalaha dapat membantu untuk meningkatkan daya kerja organ ginjal kita dan membantu juga dalam melancarkan pencernaan. Sedangkan akar dari bayam merah sendiri sangat baik digunakan untuk mengobati penyakit disentri.

Beberapa pemanfaatan tanaman bayam merah

Manfaat bayam merah dapat digunakan sebagai obat ataupun bahan yang penting dalam suatu perawatan kesehatan. Berikut beberapa pemanfaatan bayam merah:
  •  Daun dan akar bayam merah : Sebuah indikasi dari daun bayam merah: daun bayam ini dapat digunakan dalam perawatan setelah melahirkan, memperkuat akar rambut, mengobati tekanan darah rendah, mengobati kurang darah (anemia) dan mengobati penyakit gagal ginjal
  • Akar dari bayam merah dapat dimanfaatkan untuk untuk pengobatan disentri
Berikut beberapa penjelasan mengenai cara pengguanaan bayam merah sebagai obat:
  1. Pemakaian bayam merah untuk meningkatkan kerja organ ginjal dan penggunaan bayam merah untuk membantu membersihkan darah setelah persalinan. Bayam merah dapat dikonsumsi sebagai hidangan/makanan dalam bentuk sayur bening.
  2. Pemakaian bayam merah untuk mengobati penyakit kurang darah. Caranya: cucilah 3 genggam daun bayam merah, lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Tambahkan sedikit air jeruk, lalu saringlah. Tambahkan 1 sdm madu, 1 kuning telur ayam kampong kemudian aduk. Minumlah ramuan ini 2x seminggu.
  3. Pemakaian bayam merah untuk mengobati disentri. Caranya: ambil alau cucilah 10 batang akar bayam merah hingga bersih. Haluskan dengan cara ditumbuk. Lalu tambahkan sedikit garam kira-kira seujung sdt. Aduk hingga menyatu, lalu saringlah ramuan tersebut. Minum air hasil saringan akar bayam tersebut.
  4. Pemakaian bayam merah untuk membantu memperkuat akar rambut. Caranya: ambilah seikat daun bayam merah lalu cucilah hingga bersih. Tumbuk daun tersebut hingga halus. Lalu tambahkan garam halus seujung sdt, aduklah ramuan ini. Kemudian peras dan saring ramuan. Minumlah air tersebut 2-3 kali seminggu.
Perhatian yang sangat ditujukan bagi anda yang mempunyai kadar asam urat pada darah sangat tinggi dan penderita rematik sangat dilarang untuk mengonsumsi bayam terlalu banyak. Hal ini karena bayam mengandung kadar purin yang cukup tinggi.

1 komentar: